Selamat Datang Presiden Anies Baswedan!


MUNCULNYA Anies Baswedan di pentas perpolitikan nasional beberapa tahun terakhir merupakan anugerah sekaligus kabar baik bagi seluruh masyarakat Indonesia. Negara yang warganya terdiri dari beragam suku, ras dan agama ini mendapatkan sebuah energi sekaligus warna baru, terutama dari sisi dinamika politik menjelang pesta politik nasional: pemilihan presiden atau pilpres 2024 mendatang. Bagaimana pun, sosok ini lahir dari keluarga terdidik yang sederhana. Ia berpengalaman di berbagai organisasi sosial dan pemerintahan. Ia sosok yang matang pada segala aspeknya dan hadir pada saat yang tepat. 

Betul bahwa beberapa waktu lalu sosok ini mendapatkan dukungan dari Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS untuk maju di pilpres 2024, namun ternyata itu bukan satu-satunya dukungan. Sebab faktanya, berbagai elemen masyarakat lintas suku, ras dan agama pun menyampaikan dukungannya pada sosok yang murah senyum dan akrab dengan semua kalangan ini. Hal ini terlihat dari munculnya berbagai komunitas relawan yang berasal dari beragam latar belakang di berbagai kampung, desa dan daerah atau kota di seluruh Indonesia. Mereka melakukannya tanpa diminta. Benar mendapatkan dukungan yang tulis dan mengharukan.  

Wajar bila Anies Baswedan dinilai sebagai sosok pemimpin yang relevan untuk Indonesia, sebuah bangsa sekaligus negara besar dunia. Ia benar-benar hadir mengamini harapan seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai suku, ras, agama dan profesi selama ini akan hadirnya pemimpin yang cerdas, toleran, dan berpengalaman memimpin. Ia adalah pemimpin yang menyenangkan bagi semua kecuali bagi mereka yang pesimis tentang Indonesia yang bakal maju. Bagaimana pun setiap kata, respon dan sikapnya memperlihatkan betapa ia sosok yang optimis tentang Indonesia.  

Selain sukses menjalankan amanah sebagai Gubernur Jakarta 2017-2022, sosok ini juga telah memperlihatkan secara nyata bagaimana seorang pemimpin yang toleran membawa kedamaian di tengah keragaman. Warga DKI Jakarta lintas latar belakang merasakan sendiri betapa ia adalah sosok yang akomodatif dan tegas dalam menjalankan konstitusi dan aturan perundangan lainnya. Sehingga ia pun kerap diundang menjadi narasumber di berbagai forum keagamaan untuk berceramah: bagaimana teori dan praktik toleransi yang sesungguhnya dijalankan. Ia bukan saja jago berteori, tapi menjalankannya dengan baik dan sukses.  

Pada berbagai momentum, ia selalu mengingatkan bahwa keragaman adalah kekayaan utama Indonesia. Berbeda adalah pemberian Tuhan yang harus kita syukuri dan rawat dengan baik. Namun demikian, yang perlu juga kita jaga dan rawat adalah persatuan Indonesia. Hal ini bakal terwujud manakala keadilan sosial benar-benar nyata. Sehingga tak heran bila berbagai tokoh lintas agama, suku dan profesi mendukung dan menyampaikan terima kasih atas kesuksesannya dalam menjalankan amanah sebagai gubernur DKI Jakarta. Bahkan kini mendukungnya untuk maju di pemilihan presiden atau pilpres 2024.  

Selain itu, ia juga memiliki kapasitas intelektual yang tergolong tinggi alias di atas rata-rata. Ia kerap menjadi rujukan atau narasumber di berbagai forum internasional. Pada berbagai momentum semacam itu ia menyampaikan berbagai macam ide besar terutama tentang perlunya kolaborasi global untuk mencapai perdamaian global. Indonesia adalah negara besar, mesti hadir sebagai pelopor pemersatu dan kedamaian dunia. Tentu kepeloporan Indonesia mesti diperkuat oleh kecerdasan dan jejaring pemimpinnya. Dan, ia sudah sangat mumpuni dan layak untuk melakoni peran semacam itu. 

Munculnya sosok yang akrab disapa Bang Anies, Mas Anies dan Kang Anies ini pun merupakan pengabulan dari "Langit" atas berbagai harapan kita selama ini. Bukan saja dari dalam negeri Indonesia tapi juga di berbagai kawasan dunia. Ia adalah pembawa obor perdamaian, toleransi dan keadaban dunia. Gagasan, narasi dan rekam jejaknya membuat kita bangga dan optimis sebagai orang Indonesia bahwa sosok ini memang negarawan sejati dan mampu membawa Indonesia ke panggung sejarah gemilang di pentas percaturan global. Semoga suatu saat kita, seluruh bangsa Indonesia, mampu dan elegan untuk menyampaikan ini: Selamat datang Presiden Anies Baswedan! (*)


* Oleh: Syamsudin Kadir, Penulis Buku "Anies Baswedan, Merawat Persatuan Wujudkan Keadilan Sosial" 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan Pendidikan Luar Sekolah

Langkah dan Teknik Konseling Kelompok