Relawan Sebagai Kunci Kemenangan Dani - Fitria


Dani Mardani – Fitria Pamungkaswati (Dani - Fitria) yang maju di Pilkada atau Pilwalkot Cirebon menjadi pasangan yang mendapat dukungan elemen masyarakat, terutama yang tergabung dalam berbagai kelompok atau komunitas relawan. Salah satunya adalah elemen masyarakat yang tergabung dalam SUBARDI yaitu Sukarelawan Bersama Dani - Fitria. SUBARDI berkomitmen untuk mendukung dan memenangkan pasangan muda berpengalaman ini di Pilwalkot 27 November 2024.  

Mendengar kata SUBARDI membuat kita menjadi teringat dengan seorang tokoh Kota Cirebon yang berpengaruh yaitu Subardi. Beliau merupakan Walikota Cirebon dua periode, yaitu periode 2003-2008 dan periode 2008-2013. Selain sebagai politisi yang memiliki rekam jejak dan sepak terjang yang masih membekas di hati masyarakat Kota Cirebon, Subardi juga dikenal sebagai sosok pemimpin sekaligus tokoh yang sederhana dan apa adanya. Sehingga sangat wajar bila banyak kalangan selalu meminta nasehat dan arahan dari sosok yang akrab dengan banyak kalangan ini. 

Ketua SUBARDI Kota Cirebon, Dodi Santoso saat diwawancarai Cirebonpos usai peresmian rumah pemenangan Subardi yang dihadiri langsung oleh calon Walikota Cirebon Dani Mardani, Rabu (19/9/2024) malam mengatakan bahwa nama Subardi tak asing didengar oleh masyarakat Kota Cirebon. Sebab beliau politisi senior dan pernah menjadi Walikota Cirebon dua periode. "Tidak ada alasan untuk tidak mendukung dan memilih Dani – Fitria. Kami mendukung dan siap memenangkan Dani – Fitria,” tegas Dodi.

Bila menelisik berbagai pilkada di banyak tempat selama sedekade terakhir, maka salah satu elemen kuncinya adalah relawan. Dalam rangka pemenangan Dani - Fitria di Pilwalkot Cirebon, maka peranan relawan juga cukup penting bahkan menjadi kunci kemenangan. Oleh karena itu, saya perlu menyampaikan beberapa catatan sebagai panduan sekaligus trigger bagi upaya kita dalam memenangkan pasangan Dani - Fitria pada kontestasi lima tahunan kali ini. Sehingga ikhtiar kita semakin menemukan konteks dan titik keberhasilannya. 

Pertama, relawan harus yakin dan optimis pasangan Dani - Fitria bakal menang di Pilwalkot kali ini. Hal ini menjadi kunci utama dan harus terus dijaga oleh para relawan. Bukan saja SUBARDI tapi juga elemen lain yang menyatakan dukungan pada Dani - Fitria. Dalam banyak kesuksesan, dalam bidang apapun, keyakinan dan optimisme mampu mendorong dan menyemangati kita untuk melakukan langkah-langkah strategis dan taktis untuk meriah yang terbaik. Energinya berasal dari doa yang selalu kita panjatkan kepada Allah. Maka berdoalah, memohon kepada Allah! 

Ya, salam Pilwalkot Cirebon hal ini juga penting dimiliki. Keyakinan dan optimisme bahwa pasangan Dani - Fitria menang adalah modal dan energi kemenangan itu sendiri. Kita mesti menguatkan keyakinan dan optimisme bahwa apa yang kita perjuangan bakal meriah kemenangan. Dalam perspektif Islam, dalam hal ini hadits Qudsi, kita diingatkan bahwa Allah sesuai dengan prasangka hamba-Nya. "Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku," begitu firman Allah dalam sebuah hadits qudsi yang sangat populer di tengah masyarakat luas. Makanya pastikan kita banyak berdoa, memohon kepada Allah. 

Kedua, perbanyak jumlah dan jaringan relawan hingga ke RT/RW. Relawan yang efek adalah relawan yang memiliki jumlah dan jaringan yang luas. Dalam konteks Pilwalkot Cirebon, para relawan harus memastikan jaringannya luas sampai pada level paling depan yaitu tempat pemungutan suara atau TPS. Setiap kecamatan memiliki kelurahan, setiap kelurahan memiliki RT/RW hingga unit TPS. Setiap relawan harus memiliki struktur dan jaringan semacam itu. Sehingga informasi dan pola kerjanya terstruktur dan satu komando. Dari jumlah relawan pun dapat diketahui sejak dini berapa suara yang akan diraih kelak. 

Ketiga, fokus sosialisasi pasangan Dani - Fitria dan visi-misi juga program prioritasnya. Target relawan adalah Dani - Fitria menang Pilwalkot 2024. Itu idealisme yang harus ditanamkan dalam setiap hati dan gerak langkah relawan. Elemen penting yang memungkinkan masyarakat memilih bahkan turut menangkan pasangan ini adalah sosialisasi. Proses pengenalan Dani - Fitria ke masyarakat luas harus lebih masif dari hari-hari sebelumnya. Visi-misi dan program prioritasnya juga harus dijelaskan ke masyarakat. Sehingga masyarakat semakin mengenal sosok Dani - Fitria juga gagasannya. 

Kita layak mengapresiasi apa yang menjadi konsen SUBARDI yakni (1) membentuk satgas anti money politic, (2) membentuk saksi disetiap TPS dan (3) selalu menggaungkan Dani-Fitria menang. Ini menjadi aksi paling relevan dan praktis dalam rangka pemenangan pasangan Dani - Fitria yang dikenal "Wong Dewek" dan berpengalaman di DPRD Kota Cirebon ini. Sehingga relawan benar-benar mampu melakukan pengawalan kemenangan Dani – Fitria dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan hingga tingkat TPS. Bila semua relawan bekerja keras, ikhlas dan tuntas, maka kemenangan Dani - Fitria bakal menjadi kenyataan. Semoga Allah membimbing dan memberkahi setiap langkah kita! (*)


* Oleh: Syamsudin Kadir, Penulis Buku "Selamat Datang Di Kota Cirebon" 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah dan Teknik Konseling Kelompok

Sejarah Perkembangan Pendidikan Luar Sekolah