MELAHIRKAN GENERASI UNGGUL BARU

PERHATIAN kita kepada dunia pendidikan memang sangat tinggi. Sebab pendidikan kerap dijadikan tumpuan kita dalam dua hal, pertama, sebagai sarana untuk memecahkan berbagai masalah kehidupan yang kita hadapi sekarang dan ke depan;  kedua, sebagai sarana untuk membangun peradaban kemanusiaan yang semakin bermartabat dan berkemajuan.   

Hal tersebut semakin relevan karena (1) akibat krisis dan tantangan global yang semakin kompleks, (2) kecemasan berbagai pihak terhadap kehidupan millenium ketiga atau era global, serta (3) tuntutan kompetensi untuk bersaing yang amat tinggi sekaligus tuntutan ketangguhan dalam menghadapi berbagai perubahan yang tak terduga.  

John Dewey—dalam “Teologi Pendidikan” (Jalaludin, 2001)—menyatakan bahwa, “Pendidikan sebagai salah satu kebutuhan, fungsi sosial, sebagai bimbingan, sarana pertumbuhan yang mempersiapkan dan membukakan serta membentuk disiplin ilmu.” Pernyataan ini mengisyaratkan bahwa kita memang memerlukan pendidikan, tak terkecuali pendidikan keluarga.  

Islam sendiri menempatkan pendidikan anak atau keluarga sebagai kunci penting. Bahkan dalam pandangan Pakar Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Bogor Ahmad Tafsir (2017), pendidikan keluarga merupakan kunci dari semua proses pendidikan anak. Sebab di keluarga-lah sejatinya tempat yang paling awal bagi anak untuk memulai kehidupannya, yang kelak menjadi generasi baru bagi bangsa dan negaranya. 

Beberapa karakter unggulan yang mesti dibentuk atau dibina dalam proses pendidikan anak atau pendidikan keluarga, sehingga mampu melahirkan generasi unggul baru Indonesia, adalah sebagai berikut: 

PERTAMA, beraqidah yang lurus. Pendidikan keluarga mesti memastikan anak-anaknya beraqidah lurus. Mereka tidak boleh terjerat wabah kemusyrikan yang memang dalam Islam termasuk kezoliman yang besar dan nyata (zulmun adzim). 

Allah berfirman, “Janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. (QS. Luqman ayat 13). 

Dengan begitu, anak mesti dikenalkan dan dipahamkan tentang rukun iman: iman kepada Allah, iman kepada para malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada para rasul, iman kepada hari akhir dan iman kepada takdir atau ketentuan Allah. 

KEDUA, beribadah yang benar. Ibadah yang benar ditandai oleh tiga hal yaitu (1) beribadah sesuai perintah Allah dan rasul-Nya, (2) melakukannya secara rutin serta (3) berdampak baik pada perilaku sehari-hari. 

Anak-anak pun dididik untuk memahami landasan atau dalil dalam beribadah, sehingga ibadahnya tak salah atau keliru. Selebihnya mereka menyadari betul bahwa tujuan mereka diciptakan adalah untuk beribadah hanya kepada Allah, bukan untuk yang selain-Nya. 

Allah berfirman, “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. al-Dzaariyat ayat 56)

KETIGA, berakhlak mulia. Indikator paling ril dari aqidah yang lurus dan ibadah yang benar adalah akhlak mulia. Anak-anak berakhlak mulia sangat ditentukan oleh pembiasaan dan keteladaan (uswah). Semakin lurus aqidah dan makin benar ibadahnya akan mewujud dalam bentuk perilaku dan tingkah laku mereka. 

Dengan begitu mereka akan menjadi penerus autentik sang rasul tercinta yaitu untuk menyempurnakan akhlak mulia. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Sungguh aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia” (HR. Bukhari). 

Mereka pun tidak berakhlak buruk, sebab itu hanya menjadi perusak amal kebaikan. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Akhlak yang buruk merusak amal kebaikan seperti cuka merusak madu”. (HR. Ibnu Majah)    

KEEMPAT, mandiri dan tertib dalam segala urusan. Mental mandiri dan tertib pada anak-anak mesti dipupuk sejak dini. Praktisnya, anak mesti dilatih untuk tidak zolim dengan waktu, menempatkan sesuatu pada tempatnya, menghormati orang sesuai martabat kemualiannya, latihan berdagang, dan sebagainya. 

Bahkan dalam konteks yang lebih spesifik, disiplin profesi sejak dini. Allah berfirman, “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu.” (QS. al-Hujurat ayat 13). 

Kemudian Allah berfirman, “Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.” (QS. at-Tiin ayat 6). 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah sangat menyukai hamba-Nya yang beriman dan berusaha”. (HR. Thabrani, al-Baihaqi)

KELIMA, berwawasan luas dan berfisik sehat. Luasnya wawasan anak-anak sangat ditentukan oleh tradisi baca di lingkungan keluarga. Orangtua mesti memantik anak-anaknya untuk giat dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dasar dan wawasan anak-anaknya. 

Dalam hal ini termasuk dengan membaca buku-buku yang bermutu dan beragam tema. Di samping menonton acara TV yang positif dan bisa menopang perkembangan dan kemajuan wawasan anak. 

Wawasan yang luas mesti ditopang oleh fisik yang sehat dan kuat. Anak-anak mesti berolahraga secara rutin. Misalnya, lari, renang, berkuda, bermain bulu tangkis, futsal, silat dan sebagainya. Sehingga anak-anak memiliki wawasan yang luas dan memiliki fisik yang sehat sekaligus kuat. 

Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah telah memilih rajamu dan menganugerahinya ilmu yang luas dan tubuh yang perkasa.” (QS. al-Baqarah ayat 247). 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang menghendaki kebaikan dunia maka dengan ilmu, dan barangsiapa yang mengendaki kebaikan di akhirat maka dengan ilmu, serta barangsiapa yang menghendaki keduanya maka dengan ilmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)  

KEENAM, memiliki semangat yang tinggi dan mampu mengelola kesempatan. Semangat (ghiroh) untuk melakukan kebaikan dalam lingkup kesempatan, terutama untuk beribadah kepada Allah dan beramal soleh lainnya mesti terus digelorakan dalam kehidupan keluarga. 

Anak-anak mesti dipahamkan bahwa setiap detik yang berlalu selamanya takkan kembali, namun mesti dipertanggungjawabkan semuanya. Karena itu mesti diisi oleh amal baik atau berkarya, baik ibadah dan berdoa maupun amal soleh dan amal sosial lainnya. 

Allah berfirman, “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa-apa rezki yang Kami berikan.” (QS. as-Sajdah ayat 16)

KETUJUH, bermanfaat bagi diri dan kemanusiaan. Hal penting dalam kehidupan manusia adalah kebermanfaatan. Anak-anak mesti dikondisikan sejak dini bahwa sebagai-baik manusia adalah yang banyak bermanfaat bagi diri dan kemanusiaan. 

Allah berfirman, “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri.” (QS. al-Israa ayat 7). Kemudian, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membantu keperluan saudaranya, maka Allah akan membantu keperluannya.” (HR. Bukhari dan Muslim), dan “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi kemanusiaan.” (HR. Ahmad).

Terlahirnya generasi unggul, yang dalam doa Nabi Zakaria disebut sebagai “dzurriyyatan thoyyibah” (QS. Ali ‘Imran ayat 38), merupakan dambaan kita semua. Semoga dengan proses pembentukan atau pembinaan yang maksimal dalam pendidikan keluarga membuat keluarga benar-benar menjadi “rahim” terbaik dan terproduktif bagi lahirnya generasi unggul baru Indonesia di masa kini dan di masa yang akan datang! (*)


* Judul tulisan 
MELAHIRKAN GENERASI UNGGUL BARU
"Menalar Tujuh Karakter Unggul"

Oleh: Syamsudin Kadir
Pendiri “Taman Keluarga Bahagia—Sekolah Orangtua Hebat”. Nomor WhatsApp: 085797644300 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan Pendidikan Luar Sekolah

Langkah dan Teknik Konseling Kelompok