Shalat Idul Fitri Hari ini, Ratusan Warga Penuhi Halaman Gedung Dakwah Muhammadiyah Gebang Cirebon-Jawa Barat


Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Idul Fitri 1444 H jatuh pada Jumat 21 April 2023. Hal tersebut diikuti pula oleh seluruh pimpinan dan keluarga besar warga persyarikatan Muhammadiyah di seluruh daerah dan cabang di seluruh Indonesia juga beberapa cabang di beberapa negara di seluruh dunia. 

Secara khusus di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, warga Muhammadiyah dan simpatisan mengadakan shalat idul fitri 1444 di belasan tempat, salah satunya di kompleks Gedung Dakwah Muhammadiyah Gebang yang berada di lokasi SMK Muhammadiyah Gebang, Kabupaten Cirebon.


Pada acara yang dihadiri ratusan jamaah dari beberapa amal usaha dan masyarakat umum ini bertindak sebagai khotib sekaligus imam Nurhalim, S.Pd.I. Pada khutbahnya khotib menekankan perlunya meningkatkan rasa syukur kepada Allah dan peduli sekaligus empati pada sesama, baik sesama muslim maupun dengan sesama warga negara lainnya. 

"Hari ini adalah momentum untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah setelah kita dilanda oleh bencana non alam: Covid-19 dan atas berbagai nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Pada saat yang sama kita juga perlu meningkatkan kepedulian pada sesama, terutama kepada mereka yang secara ekonomi cukup memperihatinkan," ungkapnya. 


Khotib juga mengingatkan betapa pentingnya ketaatan kepada kedua orangtua sebagai sebuah rangkaian ketaatan kepada Allah. Bahkan menurutnya, rasa syukur kepada Allah diantaranya diwujudkan dengan mentaati kedua orangtua. Hal ini bukan saja karena diperintahkan oleh Allah dalam al-Quran tapi juga dalam banyak hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam. 

Menurut khotib, shaum bermakna menahan dan membakar. Menahan diri dari berbagai perbuatan yang haram dan maksiat kepada Allah. Lalu membakar berbagai sifat dan sikap tercela atau yang bertentangan dengan seluruh  syariat agama yang telah diteladankan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. 

Rangkaian acara ibadah dilengkapi dengan saling memaafkan antar warga yang hadir. Warga terlihat khusyu dan antusias mengikuti seluruh rangkaian idul fitri kali ini. Secara umum acara yang juga diikuti dan dijaga oleh aparat kepolisian ini berlangsung lancar dan penuh hikmat serta dimeriahkan oleh antusias jamaah dalam mendokumentasi kegiatan kali ini. (Syam)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan Pendidikan Luar Sekolah

Langkah dan Teknik Konseling Kelompok