KUNCI MENGGAPAI SUKSES

SUKSES adalah impian semua orang. Sukses tentu banyak jenisnya. Bukan saja yang bersifat materi, tapi juga yang bersifat non materi. Tidak sekadar urusan dunia tapi juga urusan ukhrowi. 

Sukses sejati adalah saat dimana kita masih diperkenankan oleh Allah untuk melakukan kebaikan dan bermanfaat bagi kemanusiaan. Pemaknaan semacam ini akan mendorong kita meraih sukses secara jujur, benar dan tepat. 

Sukses juga bisa dimaknai diperkenannya kita untuk memperbaiki diri melalui momentum anugerah nikmat sehat yang Allah berikan kepada kita. Sebab dengan itu sangat besar peluang bagi kita untuk melakukan hal-hal yang produktif. 

Diantara kunci sukses yang perlu kita miliki yaitu, pertama, selalu mendekat dan bersyukur kepada Allah. Sebab dengan begitu akan sangat besar peluang bagi kita untuk mendapatkan tambahan nikmat dari nikmat yang sudah kita peroleh selama ini. Bukan saja jumlah dan jenisnya tapi juga manfaat dan berkahnya. 

Kedua, memiliki impian. Impian adalah segala hal yang kita harapakan atau sesuatu yang ingin kita gapai. Kekuatan impian dapat mendorong kita untuk melakukan berbagai hal yang membuatnya menjadi kenyataan. The power of dream, kekuatan impian, menurut para motivator, dapat memotivasi empunya untuk bertindak. 

Makanya kunci ketiga adalah berani bertindak. Ya kesuksesan dalam banyak hal sangat dipengaruhi oleh keberanian kita untuk mengeksekusi langkah-langkah pencapaiannya. Langkah pertama akan menjadi pemicu bagi hadirnya langkah berikutnya. Makanya kita mesti berani memulai dengan langkah pertama. Ya berani bertindak. 

Keempat, tentu saja hal lain yang tak kalah perlunya yang dapat kita sebut sebagai kunci yaitu yakin dan optimis bahwa kita mungkin mencapainya. Dengan yakin dan optimis in syaa Allah kita akan terdorong untuk meraih kesuksesan pada apa-apa yang kita impikan. 

Kunci sukses tentu masih banyak. Kita bisa temukan di berbagai buku atau tulisan para ahli atau mereka yang berpengalaman. Tapi melalui tulisan ini kita bisa berharap semoga tulisan ini bermanfaat, dan akhirnya mari merawat mimpi agar sukses meraih impian-impian kita! 

Secara khusus saya layak menyampaikan terima kasih banyak kepada Koran Radar Cirebon yang telah me-Review buku saya yang berjudul "MERAWAT MIMPI MERAIH SUKSES" (terbitan November 2019 dan tebal 200 halaman) dan memuatnya pada halaman 18 edisi hari ini Kamis 30 Juli 2020. (*)


* Judul tulisan 
KUNCI MENGGAPAI SUKSES 

Oleh: Syamsudin Kadir 
Penulis buku "Merawat Mimpi Meraih Sukses". Pusat informasi 085797644300. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah dan Teknik Konseling Kelompok

Sejarah Perkembangan Pendidikan Luar Sekolah