REVIEW BUKU “MELAHIRKAN GENERASI UNGGUL"

TRILOGI pendidikan yang sudah mashur dalam perbincangan kita adalah sekolah, keluarga dan masyarakat. Bila sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal mendapat banyak porsi dalam perbincangan kita, maka pendidikan keluarga dan masyarakat belum menjadi perhatian yang maksimal. Sehingga, keterbatasan sekaligus kelemahan dalam proses pendidikan di lembaga formal seperti sekolah kerap tidak mengaitkannya dengan posisi sekaligus kontribusi pendidikan keluarga dan masyarakat. 

Buku ini membangun kesadaran kolektif kita bahwa pendidikan merupakan tanggungjawab bersama, dari guru dan masyarakat hingga sekaligus yang utama adalah orangtua dalam pendidikan keluarga. Di sini dibahas secara runut mengenai karakter generasi ideal atau unggulan yang mesti dilahirkan dari berbagai level pendidikan, terutama dalam keluarga. 

Di samping beberapa gagasan kekinian dan alternatif tentang penguatan peran juga kontribusi pendidikan sekolah dan masyarakat dalam melahirkan generasi unggul tersebut. Perspektif peraturan perundang-undangan dan agama Islam pun menjadi pijakan yang dominan pada hampir semua topik yang dibahas pada buku terbitan Penerbit JSI Press pada Juli 2020 ini. 

Buku setebal 200 halaman yang merupakan antologi atau kumpulan artikel karya pasangan suami-istri Syamsudin Kadir dan Eni Suhaeni yang pernah dimuat di berbagai surat kabar dan media online seperti blog beberapa bulan terakhir ini, setiap topiknya memiliki fokus masing-masing dengan tetap dalam bingkai teori dan langkah-langkah praktis dalam melahirkan generasi unggul. 

Generasi unggul yang dimaksud tentu yang digariskan UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang diperkuat oleh penalaran yang berpijak pada perspektif agama, dalam hal ini Islam. Generasi unggul tersebut kelak yang akan membangun dan memajukan bangsa dan negara tercinta Indonesia, sehingga semakin memiliki daya saing dengan berbagai negara di dunia dan berkontribusi positif dalam menghadirkan peradaban dunia yang semakin maju dan beradab. (*)



* Judul tulisan: REVIEW BUKU “MELAHIRKAN GENERASI UNGGUL" Oleh: Redaksi Kolom Gelemaca Koran Radar Cirebon. Tulisan ini dimuat pada halaman 14 Kolom Gelemaca Koran Radar Cirebon edisi Kamis 23 Juli 2020.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan Pendidikan Luar Sekolah

Langkah dan Teknik Konseling Kelompok