PANCASILA ADALAH WARISAN ISLAM 

ADA segelintir manusia yang sok bela Pancasila, tapi gagap. Pas ditanya makna kata kunci lima sila Pancasila malah mereka bingung. Katanya tak boleh memahami Pancasila dari perspektif agama. Karena Indonesia bukan negara agama. 

Pertanyaan saya sederhana, emang Indonesia ini negeri moyang ente, Belanda, yang penjajah itu? Lalu dengan begitu ente masih mengutip dan menggunakan nalar ilmuan dungu asal negeri yang pernah menjajah dan membunuh jutaan para pejuang itu dalam memahami Pancasila? 

Coba bongkar makna sebagian teks ini: esa, manusia, adab, rakyat, hikmah, musyawarah, wakil, dan adil. Ada juga Allah, rahmat, berkat dan sebagainya. Itu kata-kata kunci dalam lima sila Pancasila. Ada dalam Pancasila dan ada juga pada konstitusi negara. 

Silakan kaji secara epistemik. Ente mau jungkir balik, kepala di bawah dan kaki di atas, takkan ente temukan dalam khazanah lain kecuali dalam Islam. Mungkin ada sumber penjelasan, itu saya pastikan hanya ampasnya doang. Ente bakal terdecak kagum manakala ente baca referensi atau karya para intelektual muslim tentang semua itu. 

Kalau ente bilang tak ada dalam agama, dalam hal ini Islam, saya pastikan ente salah baca atau memang malas baca. Atau ente belum punya buku bacaan. Punya buku juga mungkin hanya buku utang judi kali. Atau mungkin itu halu dalam pikiran ente. Sehingga ente engga paham apa itu buku. 

Sekadar menyadarkan ente, itu pun bila ada akal sehat, Islam itu agama yang memiliki konsep yang utuh. Bisa dibaca dan ditelisik oleh siapapun. Termasuk oleh ente yang memang tak suka dengan Islam. Ada konsep Tuhan, konsep kenabian, konsep kemanusiaan, konsep kehidupan, konsep ibadah, konsep sosial, konsep muamalah, konsep hubungan antar umat beragama dan berbagai konsep utuh lainnya. 

Jadi, Pancasila itu bukan saja sesuai dengan Islam, tapi juga merupakan warisan terbaik Islam untuk Indonesia. Bagi ente yang tak percaya, sejarah tak butuh kepercayaan ente. Sebab sejarah berpijak pada kebenaran atau fakta sejarah, bukan pada otak bebal dan mental hipokrit yang ente pelihara selama ini! 

Selebihnya, saya sangat percaya bahwa setelah membaca tulisan ini ente bakal membeli buku atau mencari tulisan seputar konsep Islam. Termasuk konsep atau perspektif Islam dalam memahami Pancasila. Kalau itu benar-benar terjadi, itu baru namanya ente luar biasa. Bukan biasa di luar karena hanya bisa ngentut! (*)

* Judul tulisan 
PANCASILA ADALAH WARISAN ISLAM 

Oleh: Syamsudin Kadir 
Pendiri Komunitas "Cereng Menulis"


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan Pendidikan Luar Sekolah

Langkah dan Teknik Konseling Kelompok