PENDIDIKAN MENCERAHKAN DAN MENCERDASKAN BANGSA

BUKU berjudul "Pendidikan Mencerahkan dan Mencerdaskan Bangsa" ini merupakan antologi atau kumpulan 20 tulisan saya dalam bentuk artikel-essay yang pernah dimuat di berbagai surat kabar seperti Radar Cirebon, Fajar Cirebon, Kabar Cirebon (semuanya di Jawa Barat) dan sebagainya mulai Januari 2016 hingga September 2018 lalu, khususnya yang bertema seputar pendidikan dalam berbagai aspeknya. 

Dalam buku ini saya mencoba berbagi perspektif tentang banyak hal, terutama isu terkini, seperti penanggulangan penyalahgunaan narkoba, langkah-solisi dalam menghadapi geng motor yang terus berulah, pola cerdas menanggulangi terorisme, dan apresiasi atas fenomena keberagamaan kaum millenial akhir-akhir ini. 

Selain itu dibahas juga seputar upaya melahirkan siswa yang konektif dengan zamannya, kembali meneguhkan pendidikan keluarga sebagai laboratorium penting bangsa, pentingnya pendidikan karakter dalam zaman yang serba permisif, urgensi pendidikan luar sekolah, perspektif menjadi guru yang pantas diteladani, menyadari kembali tentang orangtua sebagai pendidik utama dan pertama, dan sebagainya. 

Pada bagian akhir juga saya membahas tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN kaitannya dengan dunia pendidikan, transformasi subtantif di level perguruan tinggi, menelisik peran dan kontribusi Muhammadiyah dalam dunia pendidikan, mengenang sosok Rahmani Rauf dan Muhammad Natsir. 

20 tulisan dalam buku yang bisa dijadikan kado untuk para orangtua dan penggiat pendidikan di seluruh Indonesia ini tergolong ringan, diksinya sederhana dan pembahasannnya mudah dicerna. Tak meninggalkan prinsip dan nilai-nilai pendidikan, tak membuat buku ini kaku dalam menghadapi fenomena dan isu-isu pendidikan akhir-akhir ini. Justru semuanya ditulis dalam bingkai kekinian, sehingga konektif dengan fenomena dan isu-isu terkini. 

Sebagai pemantik awal sekaligus informasi, daftar isi buku yang pernah dibedah di beberapa Sekolah, Kampus dan Kota ini saya lampirkan juga pada tulisan sederhana ini. Sehingga pembaca bisa mendapatkan informasi awal. Lebih lengkapnya tentu saja pembaca mesti membaca keseluruhan isi bukunya. 

Begini komentar singkat Dewan Redaksi Koran Radar Cirebon Mas Rusdi Polpoke untuk buku ini. "Mas Kadir yang saya kenal merupakan penulis produktif. Tiap pekan ada saja tulisannya yang menghiasi media-media lokal di Ciayumajakuning. Termasuk di media kami, Radar Cirebon. Boleh dibilang, Mas Kadir penulis zaman now. Selalu update berbagai persoalan, baik lokal maupun nasional. Terus berkarya melalui tulisan. Salut dan sukses selalu". 

"Sangat bagus, memotivasi, menginspirasi, dan memberi semangat serta wawasan luas juga baru. Penulis adalah anak muda yang penuh karya, menjadi inspirator generasi millenial kini dan ke depan. Tulisannya hadir sebagai terobosan kekinian, dikemas dengn menarik dan santun, sangat bermanfaat dan tanpa menggurui." Begitu komentar Roni Iryadi, S.KM, M.Kes, Dosen Poltekes BPH Cirebon pada buku ini. 

Karena stok buku ini kini sisa sedikit dan adanya pemesanan pembaca untuk buku ini selama 2 bulan terakhir, rencananya dalam waktu dekat buku ini akan dicetak kembali. Sehingga bisa memenuhi permintaan para pembaca yang memang berkali-kali sudah bertanya dan memesan. 

Bagi para orangtua dan guru bahkan dosen, juga generasi muda yang hendak mengetahui contoh ril artikel-essay yang kelak menjadi buku sangat layak membaca buku setebal 150 halaman ini. Pemesan yang hendak memesan buku yang diterbitkan oleh salah satu penerbit di Jogjakarta ini silahkan hubungi atau kontak pusat informasi ke nomor WhatsApp 085797644300. Akhirnya, selamat membaca dan semoga bukunya bermanfaat! (*)

* Judul tulisan 
PENDIDIKAN MENCERAHKAN DAN MENCERDASKAN BANGSA

Oleh: Syamsudin Kadir 
Penulis 27 Buku dan Ribuan Artikel di Berbagai Media Massa dan Media Online. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan Pendidikan Luar Sekolah

Langkah dan Teknik Konseling Kelompok